Food and Spirituality

You may be thinking. There are 2 people inside you saying:

“Sepertinya enak makan gorengan hari ini, lalu ada suara lain yang mengatakan hmmm, sepertinya menurut teori dokter waktu itu… Gorengan meningkatkan free radicals dalam tubuh yang bisa sangat membahayakan kesehatan.”

“Hmmm tunggu dulu… Sangat, betulkah sangat atau membahayakan kesehatan sedikit saja?”

Eckhart Tolle, new age spirituality, menjelaskan dalam Oprah Show, mengenai bagaimana untuk bisa “hadir” ketika mengkonsumsi makanan sehingga kita dapat memahami pengaruhnya terhadap tubuh kita dan memahami apakah tubuh kita menolak atau menerimanya.

Eckhart Tolle juga menjelaskan bahwa pola makan sehat bisa jadi me-nurture ego, sehingga dapat menghambat pemulihan kita sebagai manusia secara keseluruhan baik secara fisik, mental, maupun spiritual.

Ia juga menjelaskan bahwa pemilihan pola makan dan jenis makanan needs to come from “within” dan dapat menjadi ikhlas apabila seluruh tubuh, pikiran dan spirit kita hadir dan memahaminya yang baik untuk diri kita.

Bahkan apabila kita ingin mengkonsumsi “french fries” kita bisa mengkonsumsinya dengan hadir secara penuh, memahami bagaimana reaksi tubuh kita sehingga apabila tubuh merasa tidak nyaman- next time secara ikhlas kita dapat berkata tidak kepadanya.

Seorang yang sangat pemerhati terhadap kesahatan merasa kaget ketika mengetahui bahwa Hitler adalah seorang vegetarian. Sering diasosiasikan tingkat spiritualitas seseorang dan ego dissipation dari seseorang berkaitan dgn vegetarianism.

Namun, bisa jadi pola makan vegetarianism tersebut digunakan sebagai suatu cara untuk me nurture ego, meningkatkan ego identification sehingga tujuan pemulihan secara utuh tidak tercapai.

Pada akhirnya, yang terbaik untukmu hanya dirimu, badanmu, fisikmu, healthy intelligence, spirit- secara kesatuan- yang memahaminya.

Image: <a href=”http://www.freepik.com/free-vector/abstract-yoga-illustration_810222.htm”>Designed by Freepik</a>

Don't be shellfish... Share on FacebookShare on Google+Share on LinkedInTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 4 = three