Produk Lokal-Impor bagi Kesehatan Mental

produk makanan untuk kesehatan mental

Sulit sekali rasanya mencoba mencari solusi nutrisi untuk terapi mental di Indonesia.  Kebanyakan riset yang telah dilakukan berkaitan dengan kondisi mental dilakukan di negara-negara seperti Amerika dan Inggris, sehingga terapi makanan menyesuaikan  jenis makanan yang sering didapat di negara-negara tersebut.

 

Resep-resep makanan yang dikutip dalam buku GAPS (Gut and Psychology Syndrome)  – Natural treatment for Austism, Dyspraxia, Dyslexia, ADD, ADHD, Depression and Schizophrenia,  oleh Dr. Natasha Campbell-McBride MD, MMedSci(neurology), MMedSci(nutrition) <http://www.amazon.com/Gut-Psychology-Syndrome-Depression-Schizophrenia/dp/0954852001> adalah resep-resep yang menggunakan bahan-bahan yang mahal dan hanya ada di toko-toko tertentu yang menjual produk-produk impor. Terlebih, kebanyakan orang Indonesia tidak merasa terbiasa dengan bahan-bahan tersebut, sehingga membutuhkan penyesuaian cara masak agar menjadi nyaman dalam kesehariannya. Sebagai contoh adalah resep di bawah ini:

Beetroot Salad (sayur merah/umbi)

8 Small beetroot

1/3 cup of shelled walnuts (kenari yang dikupas)

2 cloves of garlic (siung bawnng putih)

8 dried prunes without stones (plum kering tanpa batu)

Mayonnaise

1/3 teaspoon of salt (sendok garam)

Cuci beetroot dan potong ujung-ujungnya.  Masak dengan menggunakan metode steaming/kukus sampai lembut hingga betroot dapat ditusuk dengan pisau secara mudah.  Parut kasar beetroot  tersebut. Lalu menggunakan food processor, potong bersamaan walnuts, garlic dan prunes.  Campur semuanya dengan parutan beetroot, Tambahkan garam dan Mayonaisse.  Campur dan aduk.  Bisa tambahkan daging dan sayur untuk pelengkap.

Dari resep di atas, orang Indonesia yang tidak terbiasa mendengar bahan “beetroot” akan lalu bertanya-tanya di mana saya bisa mendapatkan bahan tersebut dan bagaimana bentuknya, bagaimana rasanya, ada pula rasa tidak nyaman dengan suatu bahan baru yang tidak biasa digunakan.

Lalu ketika melihat bahan kedua yaitu walnuts, kebanyakan orang Indonesia lalu berpikir, hmm, saya pernah mendengar tentang “Walnuts” namun saya tidak pernah menggunakannya dalam masakan saya.  Dan saya juga tidak tahu di mana membelinya dan seberapa mahal kah harganya?

Lalu setelah berkunjung ke beberapa toko yang menjual bahan-bahan impor, beetroot dapat ditemukan di toko-toko seperti Ranch Market yang lokasi-lokasinya dapat dilihat di sini.

Ranch Market juga menjual produk-produk organik lokal, namun sekiranya sebelum mengunjungi toko-toko tersebut, bisa dkonfirmasi melalui telpon apakah mereka masih mempunyai stok bahan yang kita cari. Sehingga perjalanan yang kita lakukan ke lokasi Ranch Market pilihan kita tersebut dapat membuahkan hasil dan tidak mendapati ternyata stok bahan yang dicari kosong.

Terkadang kita juga dapat menemukan bahan-bahan impor yang kita butuhkan atau bahkan bahan-bahan organik lokal di toko-toko seperti Hero, link :<https://www.hero.co.id/> atau FoodHall<http://foodhall.co.id/> yang seringkali dapat kita temui di mal-mal seperti Pondok Indah dan Cilandak Town Square.  Selain itu, Kemchicks yang saat ini berlokasi di Kemang<Jl. Kemang Raya no.3-5> dan Pacific Place<http://www.pacificplace.co.id/tenant/kem-chicks/> juga dapat menjadi pilihan.

Kebanyakan dari produk-produk impor atau produk-produk organik lokal ini memang memiliki harga yang lebih mahal apabila dibandingkan  bahan-bahan yang biasa kita beli di pasar atau tukang sayur terdekat.  Dan memang kita perlu melakukan investasi tambahan demi menjaga asupan nutrisi dalam tubuh kita. Ingin rasanya untuk bisa paham bahan-bahan pengganti apa yang bisa kita gunakan secara lokal sehingga harga menjadi lebih terjangkau bagi kita dan proses pencarian bahan menjadi lebih mudah karena kita dapat menemukannya dengan jauh lebih mudah.

Dengan bahan-bahan pengganti tersebut, kita pun dapat merasa lebih nyaman, karena merupakan bahan lokal yang sering kita gunakan dan juga merupakan bahan yang sering dibicarakan dalam  percakapan rumah tangga dan kegiatan memasak.  Namun belum ada dokter yang dapat secara yakin memberikan daftar bahan-bahan pengganti tersebut,  karena belum ada riset mendalam tentang solusi nutrisi bagi kondisi kesehatan mental di Indonesia.

Daftar makanan yang cukup mendekati untuk bisa digunakan sebagai salah satu jawaban dalam pencarian kita terhadap daftar makanan yang dapat membantu pemulihan mental adalah dari dr. Widodo Judarwanto. Karena secara personal, keluarga kami pernah menerapkan saran makanan dari dr. Widodo Judarwanto dan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan untuk kesehatan pada umumnya, anak menjadi tidak cepat sakit sementara trigger-trigger/beberapa pencetus kondisi mental berkurang. Beliau berpendapat bahwa kondisi alergi memperburuk beberapa jenis kondisi mental tertentu dan mengatasi kondisi pencernaan akan memberikan beberapa jawaban/solusi atas kondisi mental kita.  <http://allergycliniconline.com/>

Dr. Natasha Campbell-McBride pun memiliki pendapat yang sejalan dengan dr. Widodo, menurut McBride kondisi kejiwaan yang berat biasanya diiringi dengan gangguan pencernaan berkepanjangan.  Memang masuk akal, apabila kondisi pencernaan kita terganggu, penyerapan makanan kita terganggu, maka akan sangat sulit bagi otak agar dapat memproduksi neurotransmiter-neurotransmiter yang diperlukan berkaitan langsung dengan performa mental.  Apabila kondisi pencernaan ini terjadi sejak kecil atau dalam jangka waktu yang panjang, maka dampaknya bagi kondisi kejiwaan menjadi sangat besar.

Resep-resep yang diberikan oleh Dr. Natasha Campbell-McBride MD, MMedSci(neurology), MMedSci(nutrition) dalam bukunya, telah diuji dan diterapkan oleh banyak orang di dunia untuk pemulihan kondisi mental.

Di dalam bukunya, Dr. McBride menganjurkan penggunaan bahan-bahan organik termasuk sayuran, telur, daging dan susu bagi mereka yang tidak memiliki alergi terhadap susu.  Di Indonesia , belum ada sapi yang bisa dikategorikan sapi organik sehingga daging dan susunya memiliki kualitas organik.  Beberapa syarat agar seekor sapi dapat disebut sebagai sapi organik adalah jenis makanan yang dimakan merupakan rumput organik, tumbuh dari tanah organik.

Sapi memiliki area alam yang cukup luas untuk hidup sehingga ia tidak hanya hidup di dalam kandangnya dan berdekatan dengan kotorannya sendiri dalam kesehariannya. Selain itu dalam perawatan kesehatannya, sapi tidak diberikan obat kimia antibiotik dan hormon tambahan untuk mempercepat pertumbuhan atau memperbesar ukuran, dan  bahan-bahan kimia yang dapat menjadi racun dalam tubuhnya.

Mengingat tidak adanya sapi lokal yang dapat dikategorikan organik (saya belum menemukannya hingga saat ini), kita lalu memilih bahan-bahan impor organik atau  menggunakan bahan-bahan  organik lokal yang tersedia seperti ayam serta telur organik dan membatasi susu dan daging agar pengeluaran tidak menjadi terlalu mahal.  Susu kambing organik bisa juga menjadi pilihan, namun susu kambing cenderung jauh lebih mahal dari susu sapi.

Dalam bukunya, Dr. McBride mengatakan bahwa apabila kita tidak dapat  menemukan susu mentah (murni) organik di area tempat tinggal kita, maka pilihan yang dapat menjadi alternatif adalah susu murni non-organik yang lalu di-pasteurisasi terlebih dahulu di dapur kita.

Proses pasteurisasi dapat kita lakukan dengan memanaskan susu hingga susu hampir mendidih.  Sebelum mendidih kompor sudah kita matikan.  Hal ini dapat mencegah perubahan senyawa yang dapat mengakibatkan hilangnya komponen komponen susu yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Pada link ini terdapat table guideline untuk temperatur saat melakukan pasteurisasi susu di dapur kita.  Pasteurisasi dengan suhu 62.8  °C membutuhkan waktu 30 menit, suhu 71.7 °C cukup 15 detik saja, dan suhu 88.3 °C cukup 1 detik saja (sekejap) <http://www.milkfacts.info/Milk%20Processing/Heat%20Treatments%20and%20Pasteurization.htm>

Alternatif susu yang selanjutnya adalah susu segar pasteurisasi yang dapat dibeli di toko-toko terdekat diantaranya adalah merek Diamond dan Greenfield. Pembuatan kefir susu (probiotik) dengan menggunakan jenis-jenis susu yang telah disebutkan di atas dapat sangat bermanfaat bagi pemulihan kondisi pencernaan yang sangat erat kaitannya dengan kondisi kejiwaaan.   <http://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2013/07/25/probiotics-new-prozac.aspx>

*GAPS picture in this article was taken from http://bodywisdomnutrition.com/

Don't be shellfish... Share on FacebookShare on Google+Share on LinkedInTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on Pinterest

2 thoughts on “Produk Lokal-Impor bagi Kesehatan Mental”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 + seven =