Puasa Nasi Putih

Berikut adalah sharing seorang rekan dalam perjalanannya mengurangi konsumsi nasi putih dalam kesehariannya.

Nasi putih dianggap sebagai karbohidrat ber glicemic index yang tinggi dan dapat menjadi masalah dalam menjaga kadar insulin yang seimbang dalam tubuh.  Glicemic Index yang tinggi berarti gula dalam nasi diserap secara cepat oleh tubuh dan menyebabkan crash sehingga seringkali kita mengantuk sesaat/sejam setelah makan. Karbohidrat dengan glicemic index rendah seringkali menjadi pilihan untuk menjaga energi agar diproduksi secara konstan dan stabil dalam waktu yang lebih lama. 

Berikut sharing Nova, rekan saya, dalam perjuangannya. Kami mengasosiasikan jumlah poin tertentu ketika berhasil mencapai suatu perubahan. Semisal 1 poin ketika seharian dapat berpuasa nasi putih. Sukses buat Nova dan kita tunggu cerita kelanjutan Nova dalam sharing selanjutnya 2 minggu mendatang.

Part 1

Aku sedang proses mengurangi makan carbo, dan target utama skr adalah mengurangi makan nasi putih…sebulan 30 poin, jika ada makan nasi minus 1 poin. Target sebulan ini 80%, jadi kira-kira sebulan hanya boleh makan nasi max 6x (catatan: aku makan besar sehari hanya 1x di siang hari)

Proses nya berat, dan udah di mulai lama sebetulnya, kira2 3 atau 4 bulan lalu udah mulai makan hanya siang hari(nasi), pagi minum air putih saja kira2 6 gelas (kira2 ekivalen 1.5 liter), sore/malam biasanya hanya snack/ubi jalar.

Cukup berat, krn natur nya kl blm kena nasi, itu belum makan.

Tapi sebulan kemarin pas puasa (aku ga puasa) lumayan sukses dengan tidak makan nasi. Failed nya ketika harus menghabiskan masakan istri di rumah.

Godaan terberat adalah pas di kantor atau pas meeting (yg biasanya sambil makan).

Untuk asupan gula, udah berbulan bulan minum kopi hitam/teh tanpa gula. Sedangkan gula di makanan padat agak susah di hindari.

Jadi target bulan ini adalah no rice.

 

Don't be shellfish... Share on FacebookShare on Google+Share on LinkedInTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


nine − 7 =